LARS DHP Survei Simulasi Akreditasi di RSD Idaman Banjarbaru

Banjarbaru1,918 Views

Katajari.com Persiapan pelaksanaan penilaian akreditasi paripurna, Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) bersama Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan survei simulasi akreditasi.

RSD Idaman Kota Banjarbaru akan mendapatkan bimbingan Surveyor eksternal oleh LARS DHP. kegiatan ini berlangsung selama tiga hari ke depan.

Ketua Akreditasi RSD Idaman Banjarbaru, dr. Hj. Siti Ningsih, mengungkapkan dilaksanakannya kegiatan survei simulasi ini bertujuan guna menakar kekuatan rumah sakit sebelum penilaian nantinya.

“Tujuannya untuk menakar kekuatan RSD Idaman sebelum penilaian sebenarnya nanti. Sekaligus juga kita ingin mendapat pembimbingan dari surveyor eksternal sehingga lebih objektif,” katanya, Senin (10/10/2022).

Adapun Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna akan mengirimkan sebanyak 2 surveyornya.

Yakni, dr. Hj. Iis Istifaiyatuddianah M.A.R.S dan Yuwono Adi Iswanto, S.Kep., Ns. Pelaksanaan survei akreditasi dilaksanakan dari tanggal 10 – 13 Oktober 2022.

Secara teknis, dijelaskan dr Siti pelaksanaan survei simulasi akan dilaksanakan baik secara daring maupun luring.

“Tanggal 10 Oktober kita melakukan telusur dokumen melalui via zoom. Kemudian pada tanggal 12 dan 13 Oktober kita laksanakan telusur lapangan  ke unit unit pelayanan di RS,” tuturnya.

Di sisi lain, Direktur RSD Idaman Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana, MMRS, yang selaku juga penanggung jawab Tim Akreditasi, mengakui pihaknya ingin melihat secara langsung nilai indikator berdasar hasil kegiatan survei simulasi ini.

Nilai tersebut, terangnya, akan menjadi penentu apakah pihaknya sudah siap atau tidak.

“Kami berharap dengan melakukan survei simulasi ini, bisa memotret kekuatan kami, sebagai bagian dari sebuah mekanisme self asesmen,” ucapnya.

Apabila hasil semua indikator menunjukkan nilai di atas 80 persen, akan menjadi modal sangat besar untuk melangkah ke jenjang penilaian sesungguhnya.

“Semoga RSD Idaman paripurna, itu target dan harapan terbesar kami,” harapnya.

Terakhir, dokter Danny juga meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Kota Banjarbaru dalam fase dan momentum yang menentukan ini.

Tentunya, peningkatan status RSD Idaman Banjarbaru yan paripurna atau bergelar bintang lima, dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Mohon doa semoga RSD Idaman bisa terakreditasi secara paripurna. Ini upaya kami untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan. Dengan bermutu dan berkualitas harapannya kepuasan masyarakat semakin meningkat pula,” tuntasnya. (Humas RSD Idaman)

Tinggalkan Balasan