RSUD Ratu Zalecha Akreditasi Paripurna dan Rumah Sakit Pendidikan Satelit

Banjar1,153 Views

Katajari.com RSUD Ratu Zalech Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan menerima Sertifikat Akreditasi Paripurna dan Surat Keputusan dari Menteri Kesehatan terkait Penetapan Rumah Sakit Pendidikan Satelit.

Serfitikat dan surat keputusan ini diserahkan Bupati Banjar H. Saidi Mansyur didampingi oleh Sekretaris Daerah H. Mokhamad Hilman dan Dewan Pengawas drg. Yasna Khairina kepada Direktur RSUD Ratu Zalecha dr. H. Tofik Norman Hidayat, Senin (16/1/2023) di Aula Barakat Martapura.

Akreditasi sendiri adalah bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, meningkatkan keselamatan pasien rumah sakit, meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat, SDM rumah sakit dan rumah sakit sebagai institusi sendiri, serta mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

Sebelumnya RSUD Ratu Zalecha telah menjalani penilaian pada 15-18 November 2022 yang lalu.

Dengan raihan ini RSUD Ratu Zalecha telah memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit dan dinyatakan oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP) dengan lulus tingkat Paripurna dan berlaku selama 4 tahun dari tanggal 25 November 2022 sampai dengan 25 November 2026.

Bukan hanya mendapatkan sertifikat akreditasi, RSUD Ratu Zalecha juga memperoleh penetapan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Satelit untuk Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin dan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: HK.01.07/MENKES/2000/2022.

Dengan penetapan ini menjadi dasar RSUD Ratu Zalecha Martapura untuk menyelenggarakan pelayanan, pendidikan dan penelitian secara terpadu.

Dengan mengutamakan tata kelola klinis yang baik, perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran, kedokteran gigi, dan kesehatan lain berbasis bukti dengan memperhatikan aspek etika profesi dan hukum kesehatan.

RSUD Ratu Zalecha juga bukan hanya menjadi tempat penyelenggaraan pendidikan dari RSUD Ulin Banjarmasin dan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat namun juga dapat digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan bagi tenaga kesehatan lain.

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur mengapresiasi atas akreditasi yang diraih RSUD Ratu Zalecha dan meminta agar kinerja harus tetap dioptimalkan.

“Kami berharap manajemen dan kinerja yang ada di RSUD Ratu Zalecha dan seluruh jajaran mampu memberikan pelayanan terbaik agar dapat menjadi standar pelayanan rumah sakit yang baik,” ungkap Saidi.

Direktur RSUD Ratu Zalecha dr. H. Tofik Norman Hidayat menyampaikan bahwa ini merupakan penyemangat dan pemicu kami agar dapat melayani pasien dengan lebih baik lagi.

juga, semangat untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih. Raihan ini adalah merupakan hasil kerja keras oleh seluruh elemen di rumah sakit. (Brigade Raza)

Tinggalkan Balasan