Banjar  

Kabupaten Banjar Mengalami Progres Pemulihan Ekonomi yang Signifikan

Puncak Peringatan Hari Jadi ke 73 Kabupaten Banjar Tahun 2023, yang digelar di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Rabu (30/8/2023) pagi. (Foto: Bappedalitbang Kabupaten Banjar/katajari.com)

Katajari.com – Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengaku bersyukur dan bangga bahwa Kabupaten Banjar, karena telah mengalami progres yang signifikan dalam pemulihan ekonomi.

Ini disampaikan pada pelaksanaan Puncak Peringatan Hari Jadi ke 73 Kabupaten Banjar Tahun 2023, yang digelar di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Rabu (30/8/2023) pagi.

Saidi Mansyur menerangkan dalam aspek perekonomian, tahun 2021 berhasil tumbuh positif sebesar 3,21 persen.

Tahun 2022 meningkat sebesar 4,48 persen mengindikasikan pemulihan ekonomi yang semakin baik.

”Dalam upaya mengatasi kemiskinan,  kami telah melaksanakan berbagai program bantuan sosial yang efektif. Manfaat dari program ini angka kemiskinan di Kabupaten Banjar berhasil ditekan menjadi 2,79 persen pada tahun 2022 yang merupakan angka terendah di Kalsel,” ungkapnya.

Pembangunan infrastruktur lanjutnya, juga menjadi salah satu fokus utama. Melalui berbagai proyek seperti pembangunan jalan, jembatan dan penataan kawasan tertentu.

Pemerintah telah meningkatkan konektivitas antar wilayah dan menberikan dampak positif bagi masyarakat.

”Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat, aparat pemerintahan serta semua pihak yang telah bekerja keras dan mendukung upaya pembangunan Kabupaten Banjar,” ucap Saidi.

Kegiatan puncak Hari Jadi ke 73 Kabupaten Banjar tersebut juga diserahkan beberapa penghargaan, yakni penyerahan sertifikat hak cipta lagu Mars Manis ciptaan H Saidi Mansyur yang disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

Berikutnya, penyerahan sertifikat HAKI kain sasirangan motif bogam Intan Manis dari Kementerian Hukum dan HAM RI kepada ketua Dekranasda Banjar Hj Nurgita Tiyas.

Penyerahan piagam penghargaan Apresiasi dari Pemkab Banjar kepada instansi vertikal dalam inovasi daerah, soft launching buku aktivitas Mewarna Cinta Kabupaten Banjar oleh Bunda PAUD Kabupaten Banjar

Selain itu juga diserahkan piagam penghargaan Apresiasi dari Pemkab Banjar kepada instansi vertikal dalam inovasi daerah.

Hal tersebut sebagai wujud ucapan terimakasih dan apresiasi Pemerintah Kabupaten Banjar kepada instansi vertikal yang telah bekerjasama dalam pelaksanaan inovasi daerah.

Yaitu, Dinas  Kependudukan  dan  Pencatatan  Sipil  dan Dinas  Sosial,  Pemberdayaan  Perempuan,  Perlindungan  Anak,  Pengendalian Penduduk  dan  Keluarga  Berencana  Kabupaten  Banjar, Pengadilan Negeri Martapura Kelas I B, Kementerian Agama Kabupaten Banjar, PT.Pos Indonesia (Persero) Banjarbaru, dan BAZNAS Martapura.

Peringatan Hari Jadi ke 73 Kabupaten Banjar Mengusung tema Banjar Bangkit, Tangguh Maju Bersama Masyarakat.

Tepat pukul 09.15 Wita, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor beserta istri Hj Raudatul Jannah didampingi Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Wabup Said Idrus Al Habsyie tiba di tempat acara.

Disambut pengalungan untaian bunga melati oleh Nanang Galuh Banjar dan diiringi dengan pertunjukan Sinoman Hadrah semakin membuat acara makin sakral dan meriah.

Peringatan hari jadi diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Bergerak , Mars Manis dan pembacaan ayat suci Alquran surat Al Araf ayat  96-101 oleh Qoriah Internasional Hj Raudhah Sofian, serta penayangan video profil Kabupaten Banjar.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor sampaikan ucapan selamat Hari Jadi ke 73 untuk Kabupaten Banjar.

Ia mengharapkan kemajuan pembangunan di Kabupaten Banjar semakin bertambah baik, dan terus berkelanjutan sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Banjar yang Maju ,Mandiri dan Agamis (MANIS).

Selamat Hari Jadi ke 73 Kabupaten Banjar, sejauh ini kepemimpinan Bupati Banjar dan wakilnya, kata Sahbirin Noor, telah berhasil mengupayakan pembangunan yang berkelanjutan dan merata sehingga hasilnya dapat dirasakan disegala lapisan masyarakat.

“Selamat atas pencapaiannya. Sehingga nanti kita bersama sama dapat menjadikan Kalsel sebagai penyangga ibukota Nusantara,” ujarnya. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *