Banjar  

Meriahnya Pawai Taaruf Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Kota Martapura

Pawai taaruf tahun baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah, Minggu (7/7/2024) pagi di Alun alun Ratu Zalecha Martapura Kabupaten Banjar. (Foto: katajari.com)

Katajari.comPawai taaruf tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah  dimeriahkan ribuan santri/santriwati Tempat Pendidikan Alquran (TPA) dari 150 peserta se Kabupaten Banjar dan dipenuhi masyarakat yang menyaksikan even, Minggu (7/7/2024) pagi di Alun alun Ratu Zalecha Martapura Kabupaten Banjar.

Dengan berpakaian Islami dan berbagai ornamen yang dibawa, anak anak santri/santriwati  terlihat bersemangat mengikuti pawai yang direncanakan dimulai pukul 08.00 Wita namun dilepas keberangkatannya satu jam kemudian oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas.

Even gegap gempita tahun baru Islam di Kota Serambi Mekkah Martapura terlaksana atas gelaran Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar, bekerjasama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten dan Tempat Pendidikan Al Qur’an Al Banjari se Kabupaten Banjar.

Bahkan, seusai kegiatan dibagikan secara gratis minuman dingin yang diborong Disbudporapar Kabupaten Banjar untuk pengunjung yang mengikuti hing akhir kegiatan.

Penampilan salah satu peserta pawai 1 Muharram, Minggu (7/7/2024) pagi di Alun alun Ratu Zalecha Martapura Kabupaten Banjar. (Foto: katajari.com)

Nurgita Tiyas dikonfirmasi usai kegiatan mengatakan, harapan dia  sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Banjar agar mempunyai alun alun yang lebih luas lagi, sehingga bisa menampung peserta yang juga lebih banyak.

“Informasinya kalau tidak dibatasi tentu peserta lebih banyak lagi karena begitu antusiasnya anak anak TKA dan TPA  ingin ikut pawai tahun baru Islam 1 Muharam, lokasi terbatas jadi dibatasi peserta,” katanya, yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Banjar.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Banjar H  Irwan Jaya ST MT mengatakan, pawai 1 Muharram merupakan even pariwisata tahunan yang diselenggarakan di Kabupaten Banjar di dalam menyambut tibanya tahun baru Islam.

“Dilaksanakan di ruang terbuka Hijau Ratu Zalecha Martapura dengan tema menyambut bulan Muharam memperkuat iman, persaudaraan dan solidaritas,” ucapnya.

Tahun ini tampak lebih meriah dan lebih banyak peserta dibandingkan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di halaman kantor Pemkab Banjar dan tahun ini terlaksana di alun alun Ruang Terbuka Hijau Ratu Zalecha Martapura.

Diungkapkan, jumlah peserta pawai 1 Muharram 1446 diikuti sebanyak 150 peserta dengan rincian 4000 santri/santriwati, ditambah 500 pendampingan dan ribuan orang tua santri/santriwati.

Di tempat sama, Kasi Kesenian Bidang Kebudayaan Disbuudporapar Kabupaten Banjar Ina Wangsih SKep Ns MM menyebutkan, untuk mengadakan even itu dilaksanakan persiapan selama dua pekan, hasilnya berlangsung sukses dan lancar.

“Persiapan sekitar 2 minggu bekerjasama dan koordinasi TP Al Qur’an Al Banjari dan BKPRMI Kabupaten Banjar,” tuturnya.

Ia menyampaikan pula ucapan terima kasih kepada Pemkab Banjar, TP Alqur’an Al Banjari, BKPPRMI Kabupaten Banjar, khususnya Bunda PAUD Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas, sehingga pawai taaruf tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dapat terlaksana. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *