Operasi Katarak Gratis di RSD Idaman Banjarbaru, Waktu dan Kuota Terbatas

Banjarbaru1,203 Views

Katajari.com Ayo bagi warga Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan yang ingin melakukan operasi katarak, karena Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru membuka kesempatan layanan pengobatan operasi katarak secara gratis.

Tentu saja perlu diingat dan dicatat bahwa waktu dan jumlah kuota peserta terbatas. Kegiatan bertema bakti sosial (baksos) ini akan berlangsung selama 6 hari ke depan, tanggal 2 hingga 8 Desember 2022 mendatang.

Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana, MMRS, mengungkapkan bahwa kegiatan baksos operasi katarak gratis ini pada prinsipnya difasilitasi program Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Lebih tepatnya kerjasama antara Kemensos dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI).

“Kita RSD Idaman Banjarbaru di sini hanya sebagai fasilitator pelaksanaan kegiatannya saja. Semuanya biaya dan fasilitasnya ditanggung pihak Kemensos, jadi benar-benar gratis,” katanya, Jumat (2/12/2022).

Danny –akrab disapa– berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya warga Banjarbaru.

Apalagi katanya pelaksanaan kegiatan ini juga turut melibatkan tenaga-tenaga ahli dengan mengaplikasikan standar kegiatan yang sesuai untuk menunjang kelancaran pengobatan masyarakat.

“Harapannya karena layanan dan fasilitasnya gratis, serta melibatkan tenaga ahli yang dikerahkan oleh PERDAMI, kegiatan baksos ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Saya yakin kegiatan ini bernilai guna bagi masyarakat Banjarbaru,” terangnya.

Pengumuman Bakti Sosial Katarak. (Sumber: Humas RSD Idaman Kota Banjarbaru)
Pengumuman Bakti Sosial Katarak. (Sumber: Humas RSD Idaman Kota Banjarbaru)

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr Siti Ningsih, mengungkapkan baksos operasi katarak gratis diperuntukkan bagi masyarakat memiliki gangguan pada bagian mata yang mengarah pada katarak.

“Misalnya penglihatan menurun semakin lama semakin buram tanpa merah dan nyeri atau sakit mata. Lalu terdapat putih di tengah mata atau putik istilah orang Banjar,” tuturnya.

Jika memiliki keluhan sesuai kriteria tersebut, lanjut Siti, maka masyarakat dipersilakan untuk mendaftar di Poliklinik Mata, lantai 1 RSD Idaman Kota Banjarbaru.

“Untuk jam pendaftaran dari Senin sampai Kamis, dari pukul 12.00 hingga 13.30 Wita. Khusus untuk hari Jumat dari pukul 10.00 sampai 11.30 Wita dan Sabtu dari pukul 11.00 sampai dengan 13.30 Wita,” ucapnya.

RSD Idaman Kota Banjarbaru juga membuka pintu bagi pasien-pasien di puskemas untuk mendapatkam fasilitas ini. Yakni membawa surat pengantar dengan keterangan Skrining Baksos Operasi Katarak.

Adapun untuk kuota pada baksos kali ini ialah sebanyak 50 pasien. Secara teknis, jika kuota sudah terpenuhi maka pendaftaran akan ditutup.

Rencananya, untuk pelaksanaan operasi katarak akan dilakukan dari tanggal 12 -14 Desember 2022.

Bagi masyarakat yang memiliki pertanyaan dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor 0852-4959-5789. (Humas RSD Idaman Banjarbaru)

Tinggalkan Balasan