Penurunan AKI dan AKB, RSD Idaman Kota Banjarbaru Gelar In House Training

Banjarbaru1,485 Views

Katajari.com Masih tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia merupakan suatu masalah, yang turut mendapat perhatian besar dari semua pihak termasuk bagi RSD Idaman Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. 

Angka kematian tersebut diupayakan dapat menurun dengan pelaksanaan berbagai program kesehatan yang diukur melalui beberapa indikator.

Penurunan AKBI dan AKB sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Kesehatan 2020-2024 dengan fokus pada upaya kesehatan ibu dan anak serta gizi masyarakat.

Peningkatan pelayanan kegawatdaruratan ibu dan bayi baru lahir di wilayah baik Puskesmas, maupun rumah sakit yang juga diperluas jangkauan pelayanan dengan adanya bidan di desa sangat diperlukan guna mengatasi masalah ini.

Peningkatan sistem Rujukan kegawatdaruratan merupakan unsur esensial yang mempengaruhi kualitas pelayanan dan dapat secara signifikan mempengaruhi penurunan kematian ibu dan bayi.

In House Training diadakan di Aula Besar Lt 4 RSD Idaman Kota Banjarbaru. (Foto: Humas RSD Idaman Kota Banjarbaru)

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melatih juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia yaitu dengan pendidikan dan pelatihan secara internal maupun eksternal melalui IHT atau In House Training,” kata Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru dr Danny Indrawardhana, Senin (3/10/2022).

Dalam rangka mendukung dan mewujudkan program pemerintah, RSD Idaman Kota Banjarbaru menginisiasi dan menyelenggarakan acara IHT Pembinaan Jejaring.

Dengan sasaran utama peningkatan mutu SDM pada pelayanan kegawatdaruratan maternal dan neonatal ditingkat pelayanan
dasar puskesmas, diadakan di Aula Besar Lt 4 RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Adapun peserta In House Training antara lain dokter umum, bidan dan
perawat, Nutrisionis Puskesmas wilayah Kota Banjarbaru yang berjumlah 60 orang.

Tinggalkan Balasan