Banjar  

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Melaksanakan Program Batumbang Tani Manis

Batumbang Tani Manis atau Banjar Tumbuh Kembangkan Petani yang Maju, Mandiri dan Agamis) dilaksanakan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar, Rabu (6/3/2024) dan Kamis (7/3/2024) di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Cindai Alus Martapura. (Foto: DKISP Kabupaten Banjar/Katajari.com)

Katajari.comBatumbang Tani Manis atau Banjar Tumbuh Kembangkan Petani yang Maju, Mandiri dan Agamis) merupakan program yang dilaksanakan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar, Rabu (6/3/2024) dan Kamis (7/3/2024) di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Cindai Alus Martapura.

Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala Distan Kabupaten Banjar Nasrullah Shadiq tersebut, diisi dengan pemberian materi oleh beberapa narasumber serta praktik komoditas budidaya jamur tiram oleh Muhammad Syafi’e owner sebuah usaha rumah jamur.

Batumbang Tani Manis merupakan sebuah inovasi yang memiliki relevansi dengan konsep perencanaan berbasis THIS Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial (THIS).

Dengan metode meningkatkan minat para pemuda untuk bergerak di usaha sektor pertanian melalui peningkatan dan pengembangan pengetahuan serta kapasitasnya dalam rangka proses regenerasi petani.

Inovasi ini bertujuan untuk menghasilkan wirausahawan muda pertanian, menciptakan tenaga kerja muda yang kompeten di bidang pertanian di setiap kecamatan dan desa.

Batumbang Tani Manis merupakan sebuah inovasi Dinas Pertanian Kabupaten Banjar. (Foto: DKISP Kabupaten Banjar/Katajari.com)

Diharapkan akan berdampak positif terhadap peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, mendukung ketahanan pangan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Koordinator BPP Martapura Muhammad Yazidi mengatakan, sangat berharap kegiatan Batumbang Tani Manis ini berkelanjutan. Karena sangat berdampak positif bagi para petani baik teori hingga praktik.

“Tidak hanya sampai di sini tapi nanti kita ikuti sampai mereka bisa berproduksi hingga pemasaran. Insyaallah kalau ada kendala kita siap membantu,” ujarnya.

Sementara itu di BPP Kecamatan Mataraman, Distan Banjar juga menggelar Program Youth Entrepreneurship And Employment Support Services (YESS), Kamis (7/3/2024) pagi.

Program YESS yang diikuti 30 petani milenial tersebut diisi dengan Bimtek,  menghadirkan narasumber Kasi Penyelenggaraan Penyuluhan Gusti Yudhi, motivator sukses Muhibban wirausahawan muda budidaya cabai rawit Desa Pakutik, serta dari BDSP Aspihani. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *