oleh

RSUD Ratu Zalecha Penyuluhan Kesehatan di Luar Lingkungannya

-Banjar-1.304 views

Katajari.com Kegiatan Penyuluhan Kesehatan (Penkes) kembali dilaksanakan unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Ratu Zalecha Martapura Kabupaten Banjar, Selasa (6/9/2022).

Namun Penkes kali ini berbeda dengan biasanya, Penkes diselenggarakan di luar gedung atau di luar lingkungan RSUD Ratu Zalecha.

Penyuluhan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Martapura 2, bertempat di Rumah Sehat “Berlian” Desa Pasayangan Selatan Kecamatan Martapura.

PKRS RSUD Ratu Zalecha Martapura bersama SMF. (Foto: PKRS RSUD Ratu Zalecha Martapura)

Karena ini kegiatan Posbindu, maka masyarakat yang datang adalah berusia 60 tahun ke atas.

Tentu saja unit PKRS bekerja sama dengan Sekolah Menengah Farmasi (SMF) Penyakit Dalam, dalam hal ini diwakili dr. Syafitri Yuliani, Sp.PD sebagai dokter spesialis penyakit dalam dan sebagai narasumber yang menyampaikan materi tentang Sindrom Geriatri.

“Termasuk pasien Geriatri adalah pasien lanjut usia dengan multi penyakit dan atau gangguan akibat penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi dan lingkungan,” cetus Syafitri Yuliani.

Termasuk sindron geriatri adalah
1. Imobilisasi atau Berkurangnya kemampuan gerak.
2. Jatuh, para lansia sering mengalami jatuh hingga patah tulang.
3. Inkontensia urin atau ketidak mampuan menahan keluarnya urin atau kencing.
4. Demensia, meliputi penurunan daya ingat, kemunduran fungsi kognitid, perubahan prilaku dan fungi otak.
5. Delirum, adalah kebingungan akut yang ditandai dengan bicara ngelantur, gelisah, sulit mengalihkan perhatian, ketakutan dan lain-lain.

Kegiatan Penkes luar gedung ini rencananya akan terus dilaksnakan oleh unit PKRS RSUD Ratu Zalecha secara terus menerus dan berkesinambungan, yang diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hidup sehat. (Unit PKRS Ratu Zalecha)

Komentar

Tinggalkan Balasan