oleh

Sembilan Kecamatan di Kabupaten Banjar Diimbau Waspada Kenaikan Air

-Banjar-9.851 views

Katajari.com Curah hujan yang tinggi hingga menyebabkan musibah banjir menimpa Desa Rantau Nangka Kecamatan Sungai Pinang dan Desa Rampah Kecamatan Telaga Bauntung di Kabupaten Banjar, sembilan kecamatan lainnya diimbau BPBD Kabupaten Banjar waspada terhadap kenaikan muka air.

Imbauan itu juga disampaikan kepada masyarakat sehubungan dengan status siaga darurat banjir di wilayah Kabupaten Banjar dan mempertimbangkan kenaikan muka air pada titik pantau BPBD Kabupaten Banjar di wilayah hulu sub DAS Riam Kiwa.

Serta kemungkinan terjadinya di wilayah sungai Riam Kiwa selama 24 jam ke depan, maka dengan inilah BPBD Kabupaten Banjar dapat disampaikan hal hal sebagai berikut:

Diberitahukan kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada terhadap kenaikan muka air, khususnya masyarakat yang berada di wilayah kecamatan yang kemungkinan akan terdampak banjir.

Imbauan untuk sembilan kecamatan terdiri Kecamatan Pengaron, Simpang Empat, Mataraman, Astambul, Martapura, Martapura Timur, Martapura Barat, Sungai Tabuk, Cintapuri Darussalam.

Diberitahukan juga kepada masyarakat bahwa lokasi titik kumpul atau evakuasi pengungsian tingkat kecamatan berada di kantor kecamatan setempat.

Kemudian, Pemkab Banjar mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap tenang, jangan panik dan selalu waspada terhadap bencana.

Meningkatkan kewaspadaan dengan mengakses informasi kebencanaan melalui media massa, media elektronik, dan atau media sosial yang terpercaya.

Menyiapkan bahan pokok secukupnya dan obat-abatan yang diperlukan dalam menghadapi bencana.

Mengevakuasi lebih dahulu dokumen penting dan barang berharga ke tempat yang lebih aman atau tinggi.

Mematikan aliran listik apabila terjadi banjir, dan menjauhi sumber listrik atau semacamnya.

Bagi masyarakat yang memerlukan evakuasi dapat menghubungi call center pusat pengendalian dan operasi BPBD Kabupaten Banjar di 08115091123 atau kecamatan setempat.

Komentar

Tinggalkan Balasan