Enam Makanan Khas Banjar Kalimantan Selatan

Soto Banjar sebagai makanan khas Banjar. (Foto: ist)

Katajari.com Berlibur ke Kota Seribu Sungai Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan tanpa mencicipi makanan khas Banjar tentu rasanya masih kurang lengkap.

Bicara tentang makanan khas Banjar tentu tidak terlepas dengan aneka olahan lautnya. Di samping itu, mereka juga memiliki makanan dengan cita rasa khas lain yang tentunya tidak kalah menggugah selera.

Jika kamu memiliki kesempatan menginjakkan kaki di Banjarmasin, jangan lupa coba enam makanan khas daerah setempat berikut, ya!

Soto Banjar

Makanan khas Banjarmasin pertama yang wajib dicoba adalah soto banjar. Salah satu ciri khas dari soto banjar adalah irisan telur setengah matang dan perkedel.

Selain itu, dalam pembuatan kuahnya, soto banjar dilengkapi dengan kayu manis untuk menggantikan kunyit. Supaya lebih nikmat, nikmati soto banjar dengan taburan bawang goreng dan daun bawang.

Mandai

Manday merupakan makanan khas Banjar yang menggunakan kulit cempedak sebagai bahan dasar.

Sebelum dimasak, kulit cempedak akan terlebih dulu diawetkan dengan campuran garam dalam wadah tertutup. Selain digoreng, mandai juga bisa disajikan dengan cara dibakar.

Gangan Paliat Banjar

Selain patin, jenis ikan yang cukup mudah ditemukan di Banjarmasin adalah baung. Olahan ikan baung perlu dicicipi saat berkunjung ke wilayah ini adalah gangan paliat.

Sepintas, gangan paliat akan terlihat seperti opor. Namun, kuah gangan paliat cenderung lebih kental daripada opor.

Nasi Kuning Banjar

Salah satu hal paling mencolok yang membedakan nasi kuning Banjar dengan nasi kuning lainnya adalah jenis beras yang digunakan. Alih-alih menggunakan beras pulen, nasi kuning Banjar dibuat dengan beras pera.

Selain itu, lauk pendamping nasi kuning Banjar adalah serundeng dan habang atau bumbu merah dengan cita rasa yang gurih.

Ketupat Kandangan

Makanan khas Banjarmasin selanjutnya adalah ketupat kandangan. Makanan satu ini dapat mudah ditemukan di daerah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Selain kuah santan, ketupat kandangan dilengkapi dengan ikan dan telur.

Patin Baubar

Wilayah Banjarmasin memiliki banyak sungai sehingga membuat makanan khas Banjar didominasi olahan laut, salah satunya patin baubar.

Dengan bumbu rempah yang melimpah, ikan baubar menjadi salah satu makanan khas Banjar yang sayang untuk dilewatkan. (suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *