Begini Tips Memilih Sepatu Sepak Bola dan Soccer

Lifestyle1,359 Views

Katajari.com Cara memilih sepatu sepak bola dan soccer yang nyaman dan bisa mencegah cedera tentunya penting untuk diketahui bagi mereka yang hobi bermain olahraga ini.

Pasalnya sepatu bola yang tidak tepat justru dapat memicu cedera kaki. Pemilihan sepatu bola bisa disesuaikan dengan tingkat kebutuhan kalian sekaligus kondisi di lapangan.

Sepak bola menjadi salah satu olahraga paling digemari kaum pria di seluruh belahan dunia. Meski begitu tidak menuntut kemungkinan banyak juga kaum perempuan menggemari olahraga satu ini.

Olahraga beregu ini biasanya dimainkan di tanah lapang luas yang membuat pemain lebih leluasa untuk mengoper bola bersama tim regu.

Bagi pemain sepak bola profesional tentunya melengkapi berbagai peralatan lengkap baik pelindung ataupun pelengkap lainnya jadi aktivitas wajib yang tak terlewatkan.

Sebab seperti olahraga pada umumnya, sepak bola juga dapat memicu cedera terutama pada bagian sekitar kaki yang digunakan untuk menendang serta mengoper bola.

Tak hanya untuk kalangan para atlet sepak bola professional, memperhatikan perlengkapan olahraga sepak bola juga penting dilakukan bagi masyarakat yang hobi memainkan olahraga beregu ini.

Salah satu aspek penting yang perlu dilakukan adalah penggunaan sepatu bola yang tepat dan nyaman digunakan.

Ada beberapa tips dan cara memilih sepatu bola yang nyaman agar olahraga kalian semakin terasa sempurna untuk dilakukan. Sebut saja di antaranya yakni mulai dari merk sepatu bola, bahan sepatu bola, ataupun cleats pada sepatu sepak bola.

Untuk ulasan lebih lengkapnya simak cara memilih sepatu bola di bawah ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pahami Brand Sepatu Bola

Cara memilih sepatu bola yang pertama adalah dengan memahami brand sepatu sepak bola pilihan kalian.

Brand sepatu bola ini penting untuk dipahami sebab dengan begitu kalian bisa menentukan kebutuhan, kegunaan, dan fungsi dari sepatu sepak bola yang dipilih.

Untuk memahami brand sepatu sepak bola tersebut terlebih dulu kalian perlu mengenal beberapa jenis merk atau brand dengan aneka model yang beragam

Melansir dari myacitivesg.com, untuk memahami brand sepatu sepak bola tersebut kalian lebih dulu melakukan riset dan mengetahui berbagai spesifikasi sepatu bola yang diinginkan.

Mengetahui spesifikasi sepatu bola dari tiap brand berbeda tersebut dapat membantu kalian memahami setiap detail bahan yang digunakan sekaligus model dan corak.

Kalian juga dapat menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki untuk mendapatkan sepatu sepak bola sesuai kebutuhan.

2. Pilih Sepatu dengan Bahan Terbaik

Cara memilih sepatu bola selanjutnya adalah dengan memilih sepatu berbahan terbaik. Bahan sepatu sepak bola yang terbaik tersebut bisa mencegah kaki kalian dari cedera saat bermain di lapangan.

Sebab cedera saat bermain sepak bola cukup sering terjadi pada bagian sekitar kaki. Tak heran apabila untuk mencegah hal tersebut pemilihan sepatu dengan bahan terbaik bisa membantu mengurangi cedera.

Selain itu sejumlah bahan sepatu juga bisa memicu cedera atau lecet pada sekitar kaki yang bisa membuat kalian merasa tidak nyaman untuk digunakan.

Meski tidak dapat dipungkiri jika harga yang ditawarkan untuk sepasang sepatu sepak bola berkualitas premium terkesan lebih tinggi, hal tersebut sebanding dengan kenyamanan yang dimiliki.

Melansir dari liputan6.com, beberapa bahan sepatu sepak bola yang bisa kalian pertimbangkan adalah berjenis kulit. Biasanya sepatu tersebut berjenis kangaroo leather yang terbuat dari kulit kangguru.

Namun memang bahan berjenis tersebut terasa sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan sepatu berbahan sintestis.

3. Perhatikan Ukuran Tepat Kaki

Cara memilih sepatu bola yang nyaman dan mencegah cedera selanjutnya yakni memperhatikan ukuran tepat sepatu dengan kaki kalian. Sebab salah memilih ukuran sepatu tentunya membuat pemakainya merasa tidak nyaman mulai dari terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Jika kalian membeli sepatu bola secara langsung, maka cobalah memakai sepatu bola pilihan kalian dan rasakan apakah sudah pas dengan kaki atau sebaliknya.

Biasanya untuk memilih ukuran sepatu yang tepat, ruang antara jari kaki bagian kelingking dengan jari kaki bagian lainnya terasa pas dan nyaman digunakan.

Dengan begitu cara ini bisa membantu kalian mencegah cedera kaki saat bermain sepak bola.

4. Sesuaikan dengan Gaya Bermain Kalian

Cara memilih sepatu bola yang nyaman dan mencegah cedera lainnya yakni dengan menyesuaikan gaya bermain kalian. Sebab hal ini dapat membantu kalian saat bermain sepak bola agar makin nyaman dan memudahkan dalam mengoper, menendang ataupun berlari.

Melansir dari myactivesg.com, beberapa tips memilih sepatu bola berdasarkan gaya bermain yakni bagi seorang strikers akan lebih baik memilih sepatu yang lebih ringan agar dapat mengubah arah dengan cepat serta berkaselerasi.

Begitu pula dengan seorang gelandang yang bisa menggunakan sepatu dengan tingkat kenyamanan lebih baik serta dapat mengontrol bola secara baik.

Sedangkan bagi seorang bek bisa mempertimbangkan memilih sepatu yang bisa memberikan lebih banyak perlindungan serta tidak menghalangi saat akan mengoper bola.

5. Tingkat Kenyamanan Sepatu Lebih Penting

Cara memilih sepatu bola selanjutnya yakni penting untuk mempertimbangkan tingkat kenyamanan pada sepatu yang kalian gunakan.

Beberapa cara di atas mungkin terasa kurang nyaman saat digunakan pada kaki kalian baik dari bahan ataupun ukuran. Dalam hal ini tingkat kenyamanan lebih penting untuk dipertimbangkan. Sehingga permainan sepak bola kalian tidak akan terganggu.

6. Sesuaikan Sol dengan Kondisi Lapangan

Cleats atau sol pada sepatu bola memiliki beberapa jenis yang digunakan sesuai dengan kondisi lapangan sepak bola.

Misalnya saja saat kalian bermain pada kondisi lapangan yang tidak terlalu lembab dengan rumput alami serta curah hujan tidak tinggi, gunakan sol sepatu berjenis firm ground yang kokoh biasanya memiliki 10 kancing pada bagian sol sepatu secara merata. Kancing tersebut berbentuk kerucut bulat bagian bawah.

Sedangkan untuk lapangan dengan permukaan keras dan berbatu kerikil kalian bisa gunakan hard ground dengan kancing ukuran pendek serta tidak runcing.

Selain itu pada lapangan dengan permukaan lunak dan lembab pemilihan sol berjenis soft ground dengan permukaan panjang dan runcing bisa kalian pilih untuk digunakan agar membantu mempertahankan gerak dan menyeimbangkan badan saat bermain di tanah lapang.

7. Pertimbangkan Budget

Mempertimbangkan budget yang dimiliki untuk memilih sepatu bola yang nyaman dan mencegah cedera tersebut tentunya jadi salah satu tips tak terlewatkan.

Meski tidak dipungkiri kualitas premium sepatu bola biasanya ditaksir dengan harga tinggi dengan brand terkenal.

Namun saat ini sejumlah produk sepatu bola dalam negeri juga memiliki kualitas bagus untuk digunakan olahraga sepak bola degan harga cukup terjangkau.Nah itulah 7 cara memilih sepatu bola yang nyaman dan mencegah cedera. Beberapa tips dan cara memilih sepatu bola di atas bisa kalian pertimbangkan apabila ingin memainkan olahraga sepak bola. (kapanlagi.com)

Tinggalkan Balasan