Batas Waktu Pembayaran Zakat Fitrah, Ini Ketentuannya

Religi2,295 Views

Katajari.com Sebelum merayakan hari raya Idul Fitri atau lebaran, umat muslim wajib untuk membayar zakat fitrah sesuai dengan hukum rukun islam. Lalu kapan batas waktu zakat fitrah boleh dibayarkan?

Pembayaran zakat fitrah ini tidak bisa dilaksanakan kapan saja semau kita, namun ada waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah sekaligus ada batas waktu zakat fitrah.

Batas Waktu Zakat Fitrah

Zakat fitrah dibayarkan selambat-lambatnya sebelum shalat Idul Fitri. Hal itu  dijelaskan juga dalam hadis riwayat  Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berikut ini:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah mewajibkan zakat fitrah bagi orang merdeka dan hamba sahaya, laki-laki dan perempuan, anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar (zakat fitrah tersebut) ditunaikan sebelum orang-orang melakukan shalat ied (hari raya).”

Oleh karena itu penting untuk mengetahui ketentuan atau waktu yang tepat untuk bayar zakat fitrah. Dikutip dari dalamislam.com, berikut ketentuan dan juga waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah.

1. Selama bulan ramadan

Batas waktu zakat fitrah adalah akhir bulan ramadhan yang ditandai dengan dilaksanakannya shalat Idul Fitri. Itu berarti, zakat fitrah boleh dibayarkan selama bulan ramadhan. Dari sejak tanggal 1 Ramadhan sampai 30 Ramadhan.

2. Sejak terbenam matahari di penghabisan bulan ramadhan

Mungkin ada pertanyaan lanjutan, bagaimana batas waktu zakat fitrah di penghujung atau di penghabisan bulan ramadhan? Sebab ada kemungkinan orang-orang tidak sempat membayar zakat di antara tanggal 1-29 Ramadhan.

Dijelaskan bahwan bahwa zakat fitrah masih bisa dibayarkan dari tanggal 29-30 bulan Ramadhan sejak matahari terbenam dengan batas waktu sampai sebelum shalat ied. Ketentuan ini memiliki nilai hukum wajib.

3. Sesudah shalat subuh sebelum shalat ied

Mungkin ada di antara kalian yang masih kesulitan menemukan waktu bayar zakat fitrah yang tepat sekalipun sudah memasuki tanggal 30 Ramadhan. Lantas bagaimana dengan batas waktu zakat fitrah di situasi ini?

Kita masih bisa melakukan pembayaran zakat fitrah pada waktu sesudah shalat subuh sebelum shalat ied. Ketika zakat fitrah dibayarkan setelah shalat subuh sebelum shalat ied, hukum bayar zakat ini menjadi sunnah.

4. Dibayarkan setelah shalat ied sebelum matahari terbenam

Hukum zakat fitrah yang dibayarkan setelah shalat ied sebelum matahari terbenam adalah makruh. Karena itu, tidak baik jika membayar zakat setelah shalat ied. Beberapa ulama bahkan menyebut zakat fitrah yang dibayarkan setelah shalat ied masuk hukum haram, atau tidak diperbolehkan.

Dari batas waktu zakat fitrah di atas, waktu paling tepat membayar zakat sesuai dengan penjelasan di atas maksimal ialah akhir puasa Ramadhan sampai paling lambat sebelum shalat ied dilaksanakan. Nah, setelah Anda mengetahui batas waktu zakat fitrah dilaksanakan, diharapkan Anda dapat menjadi lebih bijak dan melaksanakan kewajiban zakat tepat waktu.

Demikian uraian tentan batas waktu zakat fitrah kali ini. Semoga Anda dapat mengerti dan bermanfaat. (suara.com)

Tinggalkan Balasan