oleh

Ternyata Banyak Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Katajari.comBuah durian menjadi salah satu buah eksotis yang cukup digemari oleh warga masyarakat Indonesia dan juga Malaysia.

Aromanya kuat dan teksturnya yang khas, membuat buah durian ini kerap diburu ketika musim panen tiba.

Kendati demikian, ternyata ada pula beberapa orang yang kurang menyukai buah durian.

Banyak alasan yang membuat beberapa orang tidak menyukai buah durian, mulai dari teksturnya lembek hingga aromanya dinilai menyengat.

Eits, tapi tunggu dulu. Ternyata jika dikonsumsi sewajarnya, buah durian ini diklaim mampu memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh lho.

Lalu apa saja manfaatnya? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak manfaatn buah durian bagi kesehatan tubh dihimpun dari laman Yukepo–Jaringan Suara.com berikut ini.

1. Merilekskan pembuluh darah

Kandungan durian kaya akan potasiumn dan mineral untuk menyeimbangkan kadar garam.

Ketika kebutuhan potasium terpenuhi, maka pembuluh darah akan lebih rileks, stres kardiovaskular berkurang, mengurangi resiko jantung, resiko atherosklerosis, hingga stroke.

Ini artinya, ada peningkatan kandungan oksigen dalam darah yang bisa mengurangi kepikunan dan alzheim.

2. Membantu memperbaiki masalah disfungsi seksual

Beberapa studi mengatakan, durian mampu meningkatkan libido dan stamina seks. Selain itu juga mengurangi infertilitas pada pria dan wanita serta meningkatkan produksi motilitas sperma.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Durian kaya serat yang sangat penting membantu kinerja sistem pada tubuh. Serat ini bisa membantu pencernaan dan kerja usus lebih baik.

Dengan mengkonsumsi buah ini, kamu bisa melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, penyumbatan usus, kembung, hingga mencegah kanker kolorektal.

Selain itu, serat ini juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Nggak nyangka kan manfaat durian bisa sehebat ini?

4. Membuat tidur lebih cepat dan nyenyak

Kalau kamu punya gangguan tidur, rasanya buah durian cocok untuk kamu. Kandungan tryptophan dan senyawa yang ada di dalam durian mampu membantu kamu yang memiliki masalah gangguan tidur.

Ketika tryptophan masuk ke otak, akan menghasilkan serotonin yang mendorong produksi melatonim. Nah, hormon ini akan membuat kamu rileks dan memudahkan kamu untuk tidur.

5. Diklaim mampu cegah anemia

Asam folat dan zat besi dalam durian mampu untuk membantu produksi sel-sel darah merah.

Sehingga bagi kamu yang menderita anemia, cocok juga mengkonsumsi buah durian.

6. Bantu mencegah kanker

Manfaat durian tak perlu diragukan lagi. Buah ini kaya akan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan fitonutrien yang memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan ini mampu melindungi DNA sel sehat dan membantu tubuh memerangi radikal bebas yang bisa menumbuhkan sel kanker.

7. Kandungan dalam buah dapat membantu menjaga kesehatan tulang

Manfaat durian lain tak kalah hebat. Durian memiliki kandungan hebat di dalamnya, seperti potasium, mangan, magnesium yang semuanya bisa membuat tulang menjadi lebih sehat dan kuat.

Selain itu, potasium juga membantu sel-sel tubuh dalam penyerapan nutrisi. Dengan begini, tulang kamu akan lebih sehat dan menghindari resiko osteoporosis.

Itu dia tadi 7 manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh. Kendati demikian, manfaat ini tentu saja bisa didapat dengan kadar konsumsi durian yang tidak berlebihan ya! Semoga bermanfaat! (suara.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan