Tujuh Profesi Diprediksi Banyak Dibutuhkan Masa Depan

Lifestyle3,206 Views

Katajari.com Setelah menyelesaikan masa pendidikannya, seseorang tentu ingin memiliki profesi yang dicita-citakan. Bekerja sesuai kemampuan dan keahlian yang dimiliki tentu akan sangat membahagiakan dan membuat orang bersemangat menjalani aktivitasnya.

WEF (World Economic Forum) telah mempublikasikan beberapa profesi yang diprediksi akan paling banyak dibutuhkan mulai saat ini hingga beberapa tahun ke depan.

Pernyataan tersebut diambil berdasarkan data dari media sosial LinkedIn. Mulai tahun 2022 peluang pekerjaan pada bidang konten, marketing, dan sales diprediksi akan tumbuh dengan pesat.

Sebagai persiapan umpan di masa yang akan datang, berikut daftar pekerjaan masa depan yang banyak diidamkan generasi milenial karena menjanjikan kesejahteraan.

1. Tenaga Medis

Profesi dalam bidang kesehatan sampai kapan pun diprediksi akan selalu diminati dan dibutuhkan. Seiring dengan meningkatnya jumlah populasi manusia di dunia, kebutuhan akan tenaga medis juga kian meningkat. Selain merupakan profesi yang mulia, bekerja dalam bidang yang berkaitan dengan kesehatan juga menjanjikan kesejahteraan.

2. Digital Marketing

Tidak dapat dipungkiri, kecanggihan teknologi membuat informasi begitu cepat tersampaikan. Kebutuhan akan digital marketer juga diperkirakan akan semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi informasi. Perusahaan yang hanya mengandalkan strategi marketing konvensional akan tertinggal dengan mereka yang melibatkan internet dalam pemasaran produknya. Inilah sebabnya skill para digital marketer semakin dihargai di masa sekarang hingga masa depan.

3. Pengembang aplikasi

Profesi sebagai pengembang aplikasi memang masih jarang ditemui beberapa tahun yang lalu. Namun seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi yang terus-menerus lebih baik, profesi sebagai pengembang aplikasi sekarang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati dan menjamin masa depan.

Para pebisnis yang terus berlomba-lomba dalam menyediakan aplikasi digital guna memudahkan pemasaran serta pelayanan terkait produk yang ditawarkannya. Pengembang aplikasi juga kian meningkat kebutuhannya. Pengembang aplikasi bertugas untuk mendesain, mengembangkan, serta meng-upgrade aplikasi.

4. Software Developer dan Engineer

Di masa sekarang ini, setiap perusahaan, lembaga, dan institusi dapat dikatakan memerlukan seorang tenaga ahli dalam bidang teknologi IT. Profesi yang akrab disebut sebagai programmer dan bergulat dengan bahasa pemrograman ini mempunyai fungsi vital yang berkaitan dengan optimasi sistem komputerisasi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, di masa depan, profesi ini akan semakin banyak dibutuhkan dan lebih menjanjikan.

5. Data Analyst

Salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan 10 tahun ke depan adalah ahli pengolah data. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk membuat laporan yang akurat dan dapat dipahami oleh semua orang.

Keahlian yang dibutuhkan dalam profesi ini juga cukup beragam, mulai dari manajemen ekonomi, statistik, IT, hingga matematika. Seiring banyaknya perusahaan-perusahaan yang didirikan, profesi ini juga akan semakin banyak dibutuhkan.

6. Ahli Konstruksi dan Teknik

Pembangunan yang tidak ada henti-hentinya di setiap negara. Membuat pekerjaan yang berkaitan dengan konstruksi dan teknik akan sangat banyak dibutuhkan dan berkontribusi besar.

Saat ini teknologi berkembang semakin pesat dan keahlian yang berkaitan dengan bidang teknik juga semakin dibutuhkan, misalnya dalam bidang nanoteknologi, IT, robotika, dan lain-lain. Luasnya cakupan inilah yang membuat profesi ini semakin menjanjikan di masa depan.

7. Ahli lingkungan

Seperti yang kita ketahui pencemaran lingkungan dan perubahan iklim menjadi problematika yang semakin menjadi perhatian khusus di berbagai negara di dunia.

Kontribusi para ahli lingkungan akan sangat dibutuhkan untuk membantu mencari pemecahan terbaik atas masalah-masalah yang ada. Adanya fakta tersebut akan membuat banyak ahli lingkungan yang dibutuhkan di masa depan.

Dari daftar profesi di atas, manakah profesi yang selama ini kamu cita-citakan? Persiapkan kualitas diri kamu sejak saat ini, dan raihlah profesi idaman kamu di masa depan nanti. (yoursay.id)

Tinggalkan Balasan