oleh

Lima Peristiwa Bersejarah dan Penting Diketahui di Bulan Rajab

-Religi-4.918 views

Katajari.com Umat muslim sekarang sedang memasuki bulan Rajab. Selama Bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah, seperti puasa dan melaksanakan zakat tertentu.

Selain itu, agar menjadi lebih cinta terhadap esensi dari Bulan Rajab, sebaiknya kita juga mempelajari sejarah  peristiwa di bulan Rajab yang menjadikannya bulan istimewa dalam sejarah Islam.

Bukankah setiap kali membahas bulan Rajab, peristiwa di bulan Rajab yang akan teringat secara otomatis adalah Isra Miraj?

Memang tidak salah karena ini termasuk salah satu dari sekian banyak peristiwa yang terjadi di bulan Rajab. Artikel ini mengumpulkan peristiwa di bulan Rajab yang berkaitan dengan sejarah Islam di dunia.

1. Isra Miraj

Peristiwa Isra Miraj sudah pasti tersebutkan dalam pembahasan peristiwa di bulan Rajab.

Isra Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam melakukan perjalanan dari Mekah ke Madinah dalam satu malam dan ditemani oleh Malaikat Jibril.

2. Nabi Muhammad SAW hijrah ke Habsyah

Nabi Muhammad pada bulan Rajab hijrah ke Habasyah di bulan Rajab. Ini terjadi pada tahun kelima kenabiannya.

3. Hari Lahir Ali bin Abi Thalib

Peristiwa di bulan Rajab yang penting bagi umat Islam berikutnya adalah hari lahir Ali bin Abi Thalib.

Bulan Rajab juga menjadi bulan kelahiran Ali bin Abi Thalib.

Dia merupakan seseorang pertama kali beriman kepada Nabi dari kalangan anak kecil. Ali bin Abi Thalib juga merupakan sepupu sekaligus menantu Nabi setelah menikahi Fatimah Az Zahra, putri Nabi Muhammad SAW.

Ali bin Abi Thalib juga pernah memimpin sebagai khalifah ke-empat dari Khulafa Ar-Rasyidin. Ia juga merupakan sahabat yang dikasihi oleh Nabi SAW, meskipun usia mereka terpaut 32 tahun.

4. Ulama Imam Syafi’i Wafat dan Imam Muslim Wafat

Dalam berbagai sumber disebutkan juga bahwa salah satu ulama termasyur umat islam, Imam As Syafi’i wafat pada bulan Rajab, tahun 204 hijriah.

Selain dia, ada Imam Muslim wafat pada bulan Rajab, tanggal 25 Rajab tahun 261 Hijriah. Imam Muslim merupakan sosok yang aktif dalam periwayatan hadist.

5. Perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis (Masjid al-Aqsha)

Peristiwa di bulan Rajab yang penting untuk disimak ialah perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis (Masjid Al-Aqsha) ke Ka’bah di Makkah. Peristiwa ini terjadi di pertengahan bulan Rajab, setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Demikian itu lima peristiwa di bulan Rajab yang dapat dirangkum dari berbagai sumber. (suara.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan