Tujuh Minuman yang Ampuh Mencegah Penuaan Dini

Lifestyle4,630 Views

Katajari.com Siapa sih yang tidak mendambakan kulit wajah terlihat awet muda? Tentu saja hal ini dapat diperoleh dengan gaya hidup sehat, salah satunya dengan menjaga minuman apa saja yang sebaiknya kita konsumsi saat tanda penuaan mulai terlihat.

Berikut tujuh minuman bikin awet muda yang mampu cegah penuaan dini?

1. Kopi

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh European Journal of Cancer Prevention, terbukti bahwa mereka yang minum satu cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit non-melanoma hingga 10 persen.

Kandungan kafein pada kopi memang dikenal dapat melindungi tubuh dari peradangan kronis yang menjadi masalah umum seiring bertambahnya usia.

2. Air Putih

Sekitar 65% bagian tubuh manusia dewasa merupakan air. Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan hal yang sangat penting.

Kulit yang tidak mendapat cairan yang cukup akan lebih terlihat kering dan berkerut sehingga tampak lebih tua.

Dengan minum air putih secara teratur juga dapat membantu pembuangan racun yang berbahaya dari tubuh.

3. Teh

Tingginya kandungan antioksidan pada teh hijau dipercaya dapat membantu mencegah munculnya kerutan sebagai tanda penuaan. Selain diminum, teh hijau juga dapat dijadikan sebagai masker wajah untuk menyegarkan kulit.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau dan hitam memiliki penurunan risiko penyakit jantung.

4. Jus Buah Bit

Minuman yang ampuh untuk membuat awet muda selanjutnya adalah jus buah bit. Pada sebuah jurnal yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu, buah bit dapat memberikan dorongan aliran darah ke lobus frontal otak, sehingga mengurangi kemungkinan demensia dan penyakit terkait pertambahan usia.

Selain itu, buah bit juga mengandung antioksidan yang bagus untuk mencegah keriput di wajah.

5. Air Kelapa

air kelapa kaya akan mineral dan elektrolit yang penting untuk metabolisme asam amino, lipid, dan karbohidrat yang sehat, dan untuk meningkatkan distribusi nutrisi yang diterima dari makanan.

Selain itu, air kelapa mengandung hormon yang disebut sitokin yang mendorong pertumbuhan sel. Sitokin juga dikenal sebagai anti-karsinogenik.

6. Jus Aloe Vera

Jus lidah buaya mengandung asam amino dan nutrisi yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Antioksidan yang ada dalam jus juga meningkatkan regenerasi kulit, sekaligus menjaga kekenyalan kulit.

7. Susu

Minuman selanjutnya yang dipercaya dapat membuat awet muda adalah susu. Pada sebuah studi menunjukkan bahwa saat memasuki usia 30an, kita kehilangan ½ sampai 1 persen massa otot tanpa lemak setiap tahun.

Begitupula dengan kekuatan otot yang menurun hingga 12 hingga 15 persen per dekade.

Kandungan leusin pada susu dipercaya dapat mencegah perubahan tersebut. Tidak hanya mengatur pertumbuhan otot, leusin juga dapat mengatur kadar gula dan penyembuhan luka. (suara.com)

Tinggalkan Balasan